Imotiv

Nuffnang Ads

Sharing is Caring

Sharing is caring... Tingalkan jejak anda.. Insyaallah mama akan terjah blog korang...^_^

Hotest Entry From Mama Yana

Nuffnang Mama Yana

My Heartbeat

Friday, July 6, 2012

Lemak Perut Tak Selalu Buruk


KOMPAS.com - Muffin top, belly fat, perut buncit, apa pun namanya pasti Anda tak ingin memilikinya.Tetapi sebuah penelitian baru menemukan bahwa lemak di bagian perut tak selalu buruk.
Sebuah studi dari Loyola University Chicago, AS, mengungkap bahwa lemak tertentu di dalam perut memainkan peranan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh. Para peneliti percaya temuan ini bisa dikembangkan menjadi obat baru bagi pasien transplantasi organ dan pasien dengan penyakit autoimun seperti lupus dan penyakit crohn.

Lemak perut yang diidentifikasikan peneliti disebut omentum, selembar jaringan lemak yang terikat di perut yang menggantung di bagian depan usus. Jaringan ini  merupakan bantalan pelindung. Omentum adalah salah satu depot penyimpanan lemak utama dalam tubuh, dan mengental sebagai lemak menumpuk, mengembangkan kulit perut tergantung jumlah lemak yang tersimpan.

"Bentuknya seperti apron dan melebar layaknya adonan pizza," kata Makio Iwashima, Associate Professor, University Loyola, Department of Microbiology and Immunology. Iwashima juga salah satu ilmuwan di belakang penemuan ini.

"Meski fungsi fisiologisnya belum jelas, akan tetapi para dokter sejak beberapa tahun lalu sudah mengetahui bila menempelkan omentum pada organ yang rusak bisa membantu proses penyembuhan organ tersebut," tutur Iwashima.

Dalam riset teranyarnya, Iwashima mendemontrasikan temuannya dengan menggunakan tikus sebagai model. Dalam demonstrasinya, omentum memiliki tiga tipe lemak yang berperan dalam penyembuhan jaringan tubuh: sel yang bisa mengganti dan meregenerasikan jaringan yang rusak atau mati. Tipe kedua, sel yang mengurangi peradangan akut. Ketiga, sel-sel yang mencegah respons imun yang tidak perlu.

"Kami sekarang memiliki bukti bahwa omentum bukan sekadar lemak di perut," kata Iwashima. "Berdasarkan data ini, kami mengusulkan bahwa fungsi utama dari omentum adalah untuk merekrut dan memperluas sel yang mengkhususkan diri dalam penyembuhan jaringan dan regenerasi."

Temuan ini akan membantu pengembangan metode efektif  penyembuhan jaringan dan mengurangi respons imun yang tidak diinginkan. Diharapkan di masa depan obat baru dapat dikembangkan dengan efek samping yang lebih sedikit daripada obat penekan kekebalan yang tersedia saat ini.

Tentu saja jika Anda memiliki lemak perut lebih banyak daripada yang diinginkan, maka diet sehat
dan olahraga sangat dianjurkan. Lemak yang berlebih di sekitar pinggang dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. Ingat, ukuran pinggang lebih besar dari 94 cm untuk pria atau 80 cm untuk wanita merupakan indikator timbunan lemak internal, yang dapat melapisi jantung, ginjal, hati, dan pankreas, dan meningkatkan risiko penyakit kronis.


Sumber: email.


~Sharing is caring.. wlpun bahasa luarbiasa.. tp bisa faham kannn.. hahaha..~





Terus lekat dan melekat dengan Mama Yana Blog smpi bila-bila tau...


muah... muah.. ;)




****************************



2 comments:

Lizan said...

paham..paham....er sebenarnya tak berapa nak paham...kihkihkih... yg penting subject yg diperkatakan di atas ada jua di badan ku... selebar pizaaaaaaaa... :)

Ardini Humaira said...

doc cakap kat dni, kalau lemak kat perut awak tak banyak konfem nampak jelas sket image baby hahahahaha lawak ;p

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...